Skip to main content

PERSAMAAN AKUNTANSI PADA UMUMNYA


 A Persamaan Akuntansi (AKTIVA,UTANG,MODAL)

 
               Unsur dasar utama suatu laporan keuangan terdiri atas  tiga macam yaitu aset atau kekayan,hutang atau kewajiban dan ekuitas atau modal pemilik.



 Hubungan Antara Aktiva dan Hak Milik

                           AKTIVA=EKUITAS



Hubungan Antara Aktiva,Utang  dan Modal


                           AKTIVA=UTANG+EKUITAS

Adapun ketika dipindah ruas maka persamaannya akan berubah menjadi:

                           AKTIVA - UTANG= EKUITAS




               Persamaan diatas menekankan bahwa hak sisa yang ada diperusahaan ,apabila perusahaan dilikuidasi adalah menjadi tanggung jawab pemilik perusahaan . Ekuitas ini dalam akuntansi juga disebut dengan aktiva neto.

             Semua transaksi perusahaan mulai dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks dapat dinyatakan pengaruhnya terhadap tiga eleemen dasar dari persamaan akuntansi tersebut ,kalau ada peristiwa atau kejadian tersebut bukan merupakan transaksi yang merupakan obyek dari akuntansi.




adapun untuk contoh persmaan akuntansi bisa klik disini
https://akuntansi-id.com/206-contoh-soal-persamaan-dasar-akuntansi

Comments

Popular posts from this blog

PKM ROKOK HERBAL DAUN MINT

PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA JUDUL PROGRAM ROKOK HERBAL DARI DAUN MINT BIDANG KEGIATAN: PKM PENELITIAN DIUSULKAN OLEH: INDAH LESTARI                          NIM: 030318448 TEGUH SRI WAHYUNI               NIM: 030318201 RINDI PASUSARI                         NIM: 030318233 UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ UT SEMARANG 2019/2020 DAFTAR ISI Daftar Isi ............................................................................................................. Daftar Gambar .................................................................................... Ringkasan ...........................................................................................................   BAB 1. PENDAHULUAN ................................................................................   1.1 Latar Belakang ...............................................................................   1.2 Perumusan Masalah ..............................

Definisi Neraca

       A. Neraca         Neraca  adalah bagian dari sebuah laporan keuangan yang mencatat informasi mengenai aset, ekuitas dan kewajiban pembayaran pada pihak-pihak yang terkait dalam operasional perusahaan, dan modal pada waktu tertentu.         Adapun kedudukan aktiva (asset), kewajiban (liabilities), dan ekuitas (shareholders' equity) dalam neraca sebagai berikut.  Aktiva = Kewajiban + Ekuitas  atau persamaan ini dapat dilihat dalam bentuk lain, yaitu Kewajiban = Aktiva – Ekuitas atau kita juga bisa melihat dalam bentuk seperti berikut ini. Modal Sendiri = Aktiva – Kewajiban         Jadi, aktiva adalah jumlah pasiva dan ekuitas; pasiva adalah selisih antara aktiva dan ekuitas; dan ekuitas adalah selisih antara aktiva dan pasiva.           B. MANFAAT INFORMASI NERACA              Manfaat yang diperoleh dari informasi yang terdapat di neraca (balance sheet) sebagai berikut. 1. Dapat dilihat kondisi dan situasi yang menggambarkan kep